Gambaran Umum

 

 

A. Wilayah  Distrik  Mariat

Distrik Mariat Kabupaten Sorong yang terletak di bagian barat Provinsi Papua Barat, secara geografis terletak pada 131° 29’ 26” – 131° 43’ 87” BT dan 00° 97’ 27” – 01° 06’ 18” LS mempunyai luas wilayah 118,16 KM², yang semua wilayah terdiri dari daratan. Secara administratif, Distrik Mariat berbatasan dengan Distrik Aimas di sebelah Utara, Timur dan Barat, sebelah selatan berbatasan dengan Distrik Mayamuk.

Pemerintah Distrik Mariat Kabupaten Sorong secara administratif mempunyai 4 kelurahan dan 1 kampung. Jumlah penduduk Distrik Mariat Kabupaten Sorong berdasarkan Laporan Mutasi Penduduk Desember 2014 mencapai 13.490 jiwa yang terdiri dari 7.008 penduduk laki-laki dan 6.482 penduduk perempuan. Jumlah penduduk terbanyak di Distrik Mariat terdapat di Kelurahan Klamalu dengan jumlah penduduk 5.326 jiwa dan penduduk paling sedikit terdapat pada Kampung Klaben dengan jumlah penduduk 249 jiwa.

B. Geomorfologi dan Lingkungan Hidup

Distrik Mariat Kabupaten Sorong secara umum berdasarkan kondisi geografis
berada pada ketinggian 0-100m dpl yang di dominasi dengan dataran rendah dan berawa mencakup ±25% wilayah Kabupaten Sorong.

Distrik Mariat memiliki iklim tropis yang lembab dan panas. Berdasarkan data dari Stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong antara lain sebagai berikut:

  • Suhu udara maksimal : 30,90Celcius
  • Suhu Udara normal : 24,70Celcius
  • Kelembaban Udara : 81%- 85%
  • Curah Hujan Rata-rata :195,4mm/bulan
  • Banyaknya hari hujan : 27 hari/bulan
  • Intensitas sinar matahari : 59,0 %
  • Tekanan udara : ±1.009,6 MB

 

C. Gambaran Umum Kependudukan

Data dan informasi tentang penduduk penting diketahui agar pembangunan dapat diarahkan sesuai kebutuhan penduduk sebagai sasaran sekaligus pelaku pembangunan. Jumlah penduduk yang besar dapat dipandang sebagai beban sekaligus juga modal dalam pembangunan. Beberapa indikator yang digunakan untuk mengetahui keadaan penduduk yaitu jumlah penduduk, kepadatan penduduk, laju pertumbuhan penduduk, angka beban tanggungan, dan angka kelahiran.

Salah satu indikator yang secara kasar dapat menunjukkan keadaan ekonomi
suatu negara apakah tergolong negara maju atau negara yang sedang berkembang adalah Angka Beban Tanggungan (dependency ratio). Semakin tinggi persentase dependency ratio menunjukkan semakin tingginya beban yang harus ditanggung penduduk yang produktif untuk membiayai hidup penduduk yang belum produktif (kelompok umur 0-14 tahun) dan tidak produktif lagi (kelompok umur 65 tahun keatas).