10. Imunisasi

Memberikan pelayanan imunisasi seperti:
a. Imunisasi lengkap pada bayi dan balita
b. Imunisasi TT pada Wanita Usia Subur
c. Imunisasi pada anak sekolah
d. Imunisasi pada Calon Pengantin
e. Imunisasi Meningitis pada Jamaah Calon haji

 

Penanggung Jawab  Imunisasi : H. Sujito, AMK

mariat imunisasi

 

Imunisasi merupakan suatu upaya untuk menimbulkan dan meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Tujuan Imunisasi adalah merangsang system imunologi tubuh untuk membentuk anti bodi (kekebalan) spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dapat dicegah dengan iminisasi (PD3I).

Bayi dan anak-anak memiliki risiko yang lebih tinggi terserang penyakit menular yang dapat mematikan, seperti: Difteri, Tetanus, Hepatitis B, Typhus, radang selaput otak, radang paru-paru, dan masih banyak penyakit lainnya. Untuk itu salah satu pencegahan yang terbaik dan sangat vital agar kelompok berisiko ini terlindungi adalah melalui imunisasi. Pada saat pertama kali kuman (antigen) masuk ke dalam tubuh, maka sebagai reaksinya tubuh akan membuat zat anti yang disebut dengan antibodi.

Pada umumnya, reaksi pertama tubuh untuk membentuk antibodi tidak terlalu kuat, karena tubuh belum mempunyai “pengalaman.” Tetapi pada reaksi yang ke-2, ke-3 dan seterusnya, tubuh sudah mempunyai memori untuk mengenali antigen tersebut sehingga pembentukan antibodi terjadi dalam waktu yang lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Itulah sebabnya, pada beberapa jenis penyakit yang dianggap berbahaya, dilakukan tindakan imunisasi atau vaksinasi. Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan agar tubuh tidak terjangkit penyakit tersebut, atau seandainya terkena pun, tidak akan menimbulkan akibat yang fatal.