Puskesmas Mariat Kabupaten Sorong Akan Jadi Pusat Penanggulangan Gizi

Sumber : http://infopublik.id/read/84682/puskesmas-mariat-kabupaten-sorong–akan-jadi-pusat-penanggulangan-gizi.html

mariat3

Pemerintah Provinsi Papua Barat memberi kepercayaan kepada Pemkab Sorong melalui Dinas Kesehatan untuk pembangunan pembiayaan fisik sistem penanggulangan gizi buruk pada pusat penanggulangan gizi (PPG) untuk tahun anggaran 2014.

“Dari hasil koordinasi dengan wakil bupati, terkait penempatan lokasinya, kalau kita melihat dari persyaratannya termasuk memenuhi syarat ketenagaan yang lebih banyak di Puskesmas Mariat akan menjadi sentra pelayanan,” ujar pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dr. Agustinus Luther, Selasa (22/7).

Sekarang kita tinggal menunggu waktu pelaksanaan serta sekaligus untuk memberi pelatihan kepada tenaga medis yang ada. Jika ditemukan ada warga yang terkena gizi buruk, maka yang bersangkutan dijemput dan sekaligus untuk dirawat di puskesmas ini.

Ia akan berkoordinasi dengan instansi teknis terkait untuk menghitung berapa beban yang dibutuhkan dalam penanganan gizi buruk yang membutuhkan waktu setidaknya sebulan bahkan bisa lebih dari itu, jelas Agus.

Kita juga akan merancang satu forum yang mana di dalamnya ada Dinas Sosial, Dinas Kesehatan termasuk juga dengan Tim Penggerak PKK. Jadi pada intinya PPG mulai berjalan tahun ini juga.

Sementara pelaksana anggaran akan langsung ditangani oleh Dinas Kesehatan Papua Barat, sedangkan kita di Sorong sistemnya saja. Kita selalu waspada terhadap penyakit yang satu ini, jika terdapat satu orang saja akan menjadi laporan nasional.

“Pokoknya jika kita temukan ada yang terkena gizi buruk maka kita akan tanggulangi 100 persen,” katanya. (MC.Sorong/rim/toeb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *